Program Adaptation Fund

21 Mar 2019 - 31 Dec 2023

Selamat Datang di Program Adaptation Fund

Adaptation Fund (AF) merupakan sebuah lembaga pendanaan internasional untuk negara-negara berkembang dalam melakukan aksi adaptasi perubahan iklim. Sejak tahun 2016, KEMITRAAN telah menjadi National Implementing Entity (NIE) yang merupakan satu-satunya lembaga non profit yang mendapatkan akreditasi dari AF di Indonesia. Akreditasi tersebut merupakan hasil kerjasama antara Adaptation Fund dengan Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia (Dirjen PPI KLHK) sebagai Designated Authority (DA). KEMITRAAN medapatkan mandat sebagai National Implementing Entity (NDA) yang menyalurkan dan mengelola dana serta melakukan supervisi kepada organisasi-organisasi lokal atau disebut juga sebagai Executing Entity (EE) yang melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan isu adaptasi perubahan iklim di Indonesia. Sejak 2019, AF – KEMITRAAN Batch 1 telah bekerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah daerah di Indonesia dan masyarakat sipil di lima provinsi. 

 

TENTANG PROGRAM

Latar Belakang 

Perubahan iklim telah berubah menjadi isu darurat global yang mengancam banyak jiwa dalam tiga dekade terakhir. Beberapa penelitian menunjukan bahwa terjadi kenaikan suhu global sebanyak 2,7 derajat celsius pada abad ini. Kenaikan suhu pada akhir abad ini menyebabkan kerusakan yang sangat masif di muka bumi dan mengakibatkan banyak terjadinya bencana alam. Negara-negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia telah bersepakat untuk bersama-sama mengurangi dampak perubahan iklim. Salah satunya caranya adalah menjalankan program adaptasi perubahan iklim di wilayah-wilayah yang terdampak di Indonesia. 

Tujuan 

Tujuan Program Adaptation Fund adalah mendukung pemerintah Indonesia dalam upaya mengurangi dampak perubahan iklim melalui pendekatan lokal dari bawah ke atas (bottom-up). Sehingga program yang dilakukan saat ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan adaptasi dan peran masyarakat Indonesia berbasis ketahanan ekonomi dan sumber penghidupan berkelanjutan, ketahanan sosial, serta ketahanan ekosistem dan lanskap. Pendekatan kolaboratif dan partisipatif merupakan inti dari program ini. 

 

WILAYAH KERJA

Program AF – KEMITRAAN telah bekerja sama dengan lembaga-lembaga pemerintah Indonesia dan masyarakat sipil di lima provinsi, yakni:

  1. Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah;
  2. Daerah Aliran Sungai (DAS) Saddang, Provinsi Sulawesi Selatan meliputi Kabupaten Pinrang, Enrekang, Toraja dan Toraja Utara;
  3. Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan;
  4. Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur;
  5. Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.