Beranda / Publication

Refleksi Kami Atas Tantangan Bangsa 2022

Sepanjang tahun 2022, kita patut bersyukur pandemi COVID-19 mulai terkendali, sehingga banyak kegiatan yang sudah dapat dilaksanakan secara tatap muka. Namun demikian kita juga tidak dapat memungkiri masih ada berbagai pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama. Dari permasalahan demokrasi, HAM, penegakan hukum, antikorupsi hingga perubahan iklim. KEMITRAAN bersama para mitra kami, selalu berjuang untuk menghadapi tantangan yang menerpa negeri kita.

Berikut video tentang refleksi kami dalam menghadapi tantangan bangsa di 2022 dan harapan menuju 2023. 

Menjelang berakhirnya tahun 2022, saya mewakili seluruh staf KEMITRAAN ingin menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga terhadap dukungan, kepercayaan dan kebaikan yang telah diberikan. Kerjasama erat yang terjalin telah menciptakan jejak-jejak kerja hebat sepanjang tahun ini. Di tahun ini KEMITRAAAN berhasil menerbitkan Rencana Strategis KEMITRAAN 2022-2026 yang akan menjadi panduan kami dalam menciptakan perubahan selama lima tahun ke depan. 

Semoga tahun 2023 kerja-kerja kita akan semakin hebat mengingat negara akan menyambut pesta demokrasi terbesar di tahun 2024. Kita harus tetap yakin bahwa kita semua, pemerintah, sektor swasta, organisasi sipil sampai masyarakat di akar rumput adalah bagian dari solusi. Dengan saling bergotong royong, apapun tantangannya, pasti dapat kita lewati. 

Salam perjuangan!

Laode M. Syarif, Ph.D

Direktur Eksekutif KEMITRAAN