Home / Publication

KALEIDOSKOP Program Adaptation Fund 2023

KATA PENGANTAR

Perubahan iklim kini menjadi isu darurat global yang mengancam umat manusia. Sejumlah penelitian menunjukkan terjadi kenaikan suhu global yang signifikan pada abad ini. Kenaikan suhu tersebut menyebabkan kerusakan yang sangat masif di muka bumi serta mengakibatkan banyak terjadinya bencana alam. Negara-negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia telah bersepakat untuk bersama-sama mengurangi dampak perubahan iklim. Salah satu caranya adalah menjalankan program adaptasi perubahan iklim di wilayah-wilayah terdampak di Indonesia.

Guna mendukung kesepakatan tersebut, KEMITRAAN mendapatkan dukungan dari Adaptation Fund (AF), sebuah lembaga pendanaan internasional untuk negara-negara berkembang dalam rangka melakukan aksi adaptasi perubahan iklim.

KEMITRAAN dipercaya sebagai National Implementing Entity (NIE) untuk menyalurkan dan mengelola dana serta melakukan supervisi kepada organisasi-organisasi lokal atau disebut Executing Entity (EE). Organisasi lokal inilah yang nantinya melaksanakan program adaptasi perubahan iklim (yang selanjutnya disebut dengan Program Adaptation Fund) di Indonesia.

Selamat Membaca

Laode M. Syarif

Direktur Eksekutif KEMITRAAN