Home / Press Release

KEMITRAAN Ajak Gen-Z Kampanyekan Aksi Tanggap Perubahan Iklim

Para pemenang Youth Competition Karisma Pekalongan berfoto bersama usai menerima penghargaan

PEKALONGAN – KEMITRAAN (Partnership for Governance Reform) bersama Pemerintah Kota Pekalongan menggelar Grand Final Malam Penganugerahan Karisma Pekalongan Tahun 2023. Acara mengampanyekan aksi adaptasi perubahan iklim berlangsung di Hotel Howard Jhonson Pekalongan, Sabtu (9/12/2023) malam.

Program Adaptasi Perubahan Iklim ini didanai dari Adaptation Fund (AF). Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Kampanye aksi adaptasi perubahan iklim digelar dalam berbagai lomba bagi generasi muda atau Generasi Z dengan tema Perubahan iklim, di antaranya lomba Pidato, Karya Ilmiah, Poster dan Film Pendek.

Team Leader Program Adaptation Fund Pekalongan Andi Kiki mengatakan, kegiatan ini sangat diapresiasi anak muda Pekalongan dan sekitarnya. Terbukti dari antusias peserta masing – masing lomba yang total mencapai 100 peserta.

“Kami menyakini masyarakat di Pekalongan khususnya dan di Jawa Tengah pada umumnya sudah memiliki perilaku yang adaptif, atau beradaptasi dengan kondisi alam, lingkungan dan iklim saat ini. Sebab, kondisi perubahan iklim di Pekalongan sudah terjadi sejak tahun 2000, 2006 hingga sekarang, dan itu menjadi tanggung jawab kita bersama bukan hanya Pemerintah, Camat atau Lurah, inilah yang menjadi salah satu acara ini diselenggarakan,” terang Andi Kiki.

Menurut dia, kegiatan ini digagas sebagai cikal bakal keterlibatan generasi pemuda di Pekalongan untuk memantik kesadaran generasi muda lebih luas. Yang kedua, kompetisi ini sebagai penyadar tahuan bagi masyarakat untuk meningkatkan perilaku adaptif dari sisi pengetahuan, pemahaman atau perilaku yang baik dalam menghadapi perubahan iklim.

Dalam kesempatan tersebut, Perwakilan Pemerintah Kota Pekalongan, Imron Rosidi menyampaikan, sangat mengapresiasi kegiatan yang melibatkan generasi muda untuk tingkat kesadaran menghadapi perubahan iklim dengan perilaku adaptif yang lebih baik.

Pihaknya mengapresiasi kemitraan salah satu lembaga yang memiliki perhatian terhadap isu adaptasi perubahan iklim. Selain itu juga mengajak anak muda Kota Pekalongan untuk meningkatkan kesadarannya terhadap permasalahan di daerahnya. 

“Melalui serangkaian lomba dan kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan kolaborasi yang baik antara pemerintah, masyarakat sipil dan anak muda dalam penyelesaian masalah yang ditimbulkan dari dampak perubahan iklim di Kota Pekalongan,” paparnya.

Masing-masing pemenang kategori lomba berhak mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, juara pertama Rp 5 juta, juara kedua Rp 4 juta, dan juara tiga Rp 2 juta dan piagam penghargaan.

Artikel ini dikutip dari artikel rri.co.id

https://www.rri.co.id/daerah/475797/gen-z-diajak-kampanyekan-aksi-adaptasi-perubahan-iklim#:~:text=Editor%3A%20sigit-,budi,-riyanto