Pusat Sumber Daya Tata Pemerintahan (KRC)

Kemitraan berada di garda depan dalam pembaruan tata pemerintahan di pusat maupun daerah di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kami sering diminta untuk menggulirkan dan mempengaruhi wacana isu-isu yang berkembang di Indonesia.

 

Pusat Pengetahuan dan Sumber Daya Tata Pemerintahan menyediakan informasi dan panduan strategis yang dibutuhkan untuk analisis kebijakan, seperti Indeks Tata Pemerintahan Kemitraan. Pusat ini juga mengembangkan wacana tata pemerintahan yang cerdas dan akurat serta menyebarluaskan praktik-praktik tata pemerintahan yang baik kepada masyarakat luas.

 

Dengan Pusat Pengetahuan dan Sumber Daya Tata Pemerintahan, Kemitraan saat ini juga menjadi sebuah pusat penelitian, pusat sumber daya dan penghubung atau simpul untuk wacana tata pemerintahan.

 

Sebagai pusat riset, mandat KRC adalah mengembangkan, meninjau, dan memutakhirkan indeks pemerintahan di Indonesia setiap tahun. Instrumen-instrumen untuk mengukur kinerja pemerintahan di semua tingkat mulai dari kabupaten, provinsi dan pusat telah dikembangkan.

 

Indeks Tata Pemerintahan berfungsi sebagai barometer yang mengukur kemajuan (atau tidak adanya kemajuan) penerapan prinsip-prinsip dan praktik-praktik tata pemerintahan yang baik di berbagai provinsi di Indonesia. KRC mengkonsolidasikan temuan-temuan dari indeks dan menyebarluaskannya secara nasional dan internasional.

 

KRC mengembangkan analisis ilmiah untuk menjawab apakah hasil kerja para pemangku kepentingan tata pemerintahan di Indonesia telah menghasilkan dampak yang positif, dan untuk mengungkapkan letak kesenjangan-kesenjangan yang ada. KRC memiliki tujuan – tujuan seperti mengkonsolidasikan kajian-kajian tentang penilaian tata pemerintahan yang telah ada, mengembangkan dan merancang penelitian tentang penilaian tata pemerintahan di Indonesia, melakukan penilaian tata kelola dan membuat sistem peringkat bagi praktik tata pemerintahan yang baik di Indonesia, dan membangun sebuah pusat sumber daya tata pemerintahan di Indonesia.