Lecture Series

Dalam rangka menyebarluaskan hasil kajian, penelitian dan dokumentasi seputar isu tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), kami akan melakukan kegiatan Partnership Lecture Series.

 

Partnership Lecture Series diharapkan menjadi kegiatan pembelajaran yang efektif karena dikemas dalam bentuk kuliah umum yang menyoroti isu-isu tertentu secara mendalam. Keunggulan Partnership Lecture Series terletak pada isu yang diangkat, kapasitas narasumber yang dihadirkan, kedalaman pembahasan serta kontinyuitas. Dalam proses pembelajaran bersama, kontinyuitas sangat diperlukan untuk menjaga semangat, konsistensi dan pendalaman terhadap isu-isu yang dibahas.

 

Selama hampir tiga tahun 6 kali Partnership Lecture Series telah berhasil diselenggarakan dengan ulasan singkat per tema sebagai berikut:

  1. Mengukur tata kelola pemerintahan yang demokratis
    Lecture Seri 1 ini diselenggarakan pada tanggal 28 Januari 2010 dengan narasumber Anies Baswedan, PhD (Rektor Universitas Paramadina) dan A. Malik Gismar, PhD (Kepala Unit Penelitian dan Informasi Kemitraan) serta Dr. Bambang Widjojanto (Calon Ketua KPK) sebagai moderator. Kemitraan dalam hal ini membagi pengalaman dan memaparkan hasil pengukuran kinerja tatakelola pemerintahan di seluruh 33 provinsi di Indonesia melalui PGI (Partnership Governance Index).
     
  2. Otonomi Daerah dan PILKADA
    Lecture Seri 2 ini diselenggarakan pada tanggal 7 April 2010 dengan narasumber I Made Suwandi (Direktur Urusan Pemerintahan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI), Prof. Dr. Djohermansyah Djohan (Deputi Politik Sekretariat Wakil Presiden) dan Syarif Hidayat, PhD (Peneliti Senior LIPI). Tema ini mengangkat isu tentang belum efektifnya pelaksanaan otonomi daerah untuk tujuan peningkatan kesejahteraan rakyat.  
     
  3. Tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan Pengentasan Kemiskinan 
    Lecture Seri 3 ini diselenggarakan pada tanggal 6 Oktober 2010 dengan narasumber Prof. M. Ikhsan, PhD (dosen FE UI dan Staf Ahli Wakil Presiden) dan Sudarno Sumarto, PhD (Senior Peneliti SMERU). Tema ini diangkat untuk menyoroti isu capaian MDGs yang sedang hangat dengan meletakkan tata kelola pemerintahan (governance) sebagai elemen yang penting dalam pengentasan kemiskinan.
     
  4. Mencegah Korupsi di Lembaga “Trias Politica” 
    Lecture Seri 4 ini diselenggarakan pada tanggal 20 April 11 dengan menghadirkan narasumber  Bapak M. Jasin (Wakil Ketua/Komisioner KPK), Danang Widoyoko (ICW) dan Laode M. Syarif (Kemitraan) serta Dadang Trisasongko sebagai moderator. Tema ini diangkat untuk menyoroti meluasnya praktik korupsi yang mencakup setiap pilar penyokong demokrasi di Indonesia melalui hasil survei Kemitraan yang menunjukkan masih tingginya persepsi tingkat korupsi di lembaga Legislatif-Eksekutif-Yudikatif.
     
  5. Pemilu Serentak 
    Lecture Seri 5 ini diselenggarakan pada tanggal 16 Juni 2011 dengan menghadirkan narasumber  Prof. Ramlan Surbakti, Advisor Senior Kemitraan dan mantan anggota KPU periode 1999-2004, Bapak Chairuman Harahap, SH, MH, Ketua Komisi II DPR RI, serta Prof. Saldi Isra, Guru Besar Universitas Andalas Padang. Tema ini diangkat sebagai upaya menggali perspektif publik yang lebih luas tentang wacana pemilu yang dilakukan secara serentak baik di tingkat nasional maupun daerah.
     
  6. Reformasi Birokrasi
    Lecture Seri 6 ini diselenggarakan pada tanggal 22 Nopember 2011 dengan menghadirkan narasumber Bapak Wakil Menteri PAN & RB RI, Prof. Dr.rer.publ. Eko Prasojo, SIP, Mag.rer.publ. dan Bapak Sofjan Wanandi, APINDO. Tema ini diangkat sebagai upaya memberikan pemahaman secara mendalam terhadap upaya-upaya yang sedang dilakukan pemerintah dalam rangka reformasi birokrasi serta perspektif dari kalangan bisnis tentang upaya tersebut.